Tuesday, May 19, 2020

Workshop Rotary - Hay sahabat otomania, tepat sekali anda berkunjung di blog kami yang tentunya akan membahas seputar dunia otomotif yang semakin lama semakin berkembang pesat, pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang apa itu gurah mesin. sekaligus melihat lebih jauh bagaimana cara membuat dan menggunakan alatnya.


Istilah gurah mesin sering kita dengar akhir-akhir ini, memang tidak semua bengkel menawarkan jasa pada layanan servis ini, hanya bengkel tertentulah yang menyediakan layanan jasa servis ini, dikarenakan berbagai faktor yang salah satu diantaranya tidak dimilikinya alat untuk melayani jasa gurah mesin tersebut dikarenakan harga alat ini yang lumayan mahal bekisar antara Rp. 500 ribu bahkan sampai ada yang 1 jutaan.

Sebenarnya apa sih itu gurah mesin, dan apakah perlu setiap servis dilakukan gurah mesin dan apakah efek yang diakibatkan dari servis ini?
baik untuk menjawab pertanyaan tersebut saya sudah membahasnya pada artikel saya sebelumnya tentang MENGENAL ISTILAH GURAH MESIN

Pada dasarnya prinsip kerja alat ini sama seperti halnya prinsip kerja carburator, yaitu mengandalkan tekanan udara untuk dapat menghisap cairan terangkat keatas, pada alat gurah mesin atau vacum carbon cleaner komponen yang berperan dalam hal ini adalah katup vakum (vacum valve pneumatic).


Setelah anda tau apa itu gurah mesin tentu kalian berfikir untuk memakai layanan jasa servis ini dan apabila kalian sebagai mekanik ingin membeli alatnya banyak sekali olshop-olshop yang menjualnya dengan harga yang sudah saya sebutin diatas dan apabila ingin membuatnya sendiri bisa mengikuti panduan pada artikel ini sampai akhir

Untuk membuat alat gurah mesin ini yang perlu anda siapkan adalah.
1. PERSIAPAN ALAT
 a. Meteran
 b. Gergaji besi/gerinda ptong
 c. Las

2. PERSIAPAN BAHAN
 a. Tabung filter 1500 cc


 b. Katup vacum pneumatic 1/4" merk bebas disini saya memakai merk STNC


 c. Kran kompresor ukuran 1/4" inchi



 d. Selang pneumatic  ukuran 1/4"


 e. Selang connector atau Fitting selang pneumatic 1/4 inchi




 f. selotip
 d. Cat pylox

3. BAHAN RANGKA
 a. Besi hollow 
 b. besi lonjor
 
Setelah semua bahan tersedia selanjutnya ke tahap pembuatan, 
PROSES PEMBUATAN
1. RANGKA:
Rangka disini tidak harus dibuat karena pada dasarnya alat gurah mesin bisa digantung rangka ini digunakan sebagai tempat dudukan tabung filter agar mudah dalam membawa dan tidak mudah jatuh, tempat dudukan ini dibuat dengan besi hollow ukuran alas 25 x 25 cm denan tinggi 30 cm
untuk lebih jelasnya silahkan lihat desain dibawah ini.


Potong besi hollow sesuai ukuran dan gabungkan menggunakan las, selanjutnya agar terlihat bagus cat dengan pylox dengan warna bebas.

2. Pembuatan Alat Gurah mesin
  Siapkan bahan diantaranya kran kompresor 1/4", tabung filter, selotip, katup vacum, selang pneumatic & conectornya















a. lapisi semua bahan yang berulir dengan selotip agar tidak terjadi kebocoran udara, pelapisan antara 4-5 lapis


b. Merangkai ulir penyambung antara katup vakum dengan tabung filter, lalu kencangkan dengan kunci pas ring 14 mm


c. Memasang katup vakum pada tabung filter

d. Memasang kran kompresor pada ulir katup vakum

e. Pasang conector selang pneumatic 1/4" pada tabung filter Setelah itu pasang selang ke tabung dengan cara memasukkan selang ke sambungan selang pneumatik pada tabung filter

f. Setelah semua terakit selanjutnya pasangkan alat vacum tersebut pada rangka dudukan yang telah dibuat tadi.

Cara Menggunakan Alat
Untuk dapat menggunakan alat ini, yang perlu dilakukan adalah menuang cairan pembersih kerak carbon pada lubang busi, cairan tersebut dapat kalian beli di toko-toko sparepart dengan harga bervariatif bekisar Rp.50.000 - Rp. 100.000 cairan tersebut berbeda dengan cairan untuk pembersih carbu cleaner ya, jadi perhatikan dulu jangan sampai salah beli.


kemudian tunggu kurang lebih 15 menit agar kerak dari sisa pembakaran rontok oleh cairan, kemudian pasang udara bertekanan dari kompesor ke kran  katup vakum


setelah terpasang lalu masukkan selang pneumatic ke dalam lubang busi

pastikan ujung dari selang masuk sampai menyentuh permukaan piston, dan buka kran agar cairan pembersih kerak carbon terhisap naik dan tertampung pada tabung filter.

Setelah kran dibuka tunggu sampai cairan benar-benar bersih dari ruang bakar, dan bisa dilihat dalam tabung filter cairan akan berwarna hitam pekat yang menandakan kerak carbon dari hasil pembakaran yang bercampur.
Alat ini selain digunakan untuk gurah mesin, alat ini juga dapat digunakan untuk servis ganti oli, dengan menguras oli dalam mesin tanpa membuka baut pembuangan, dengan ini resiko baut rusak  dan kebocoran oli dapat diminimalisir.

Nah itulah tadi arikel terkait proses pembuatan dan cara penggunakan alat gurah mesin, jika menginginkan alat gurah yang sederhana silahkan baca pada artikel saya Membuat alat gurah mesin sederhana, semoga bermanfaat dan jika ada pendapat dan pertanyaan ajukan saja di kolom komentar.
Salam otomotif

Daftar pustaka:

7 comments:

  1. Artikelnya bermanfaat, ijin copy buat tugas kliping.. Trimakasih

    ReplyDelete
  2. Ide cemerlang..bagus untuk dibikin sndiri dirumah dn diaplikasikan k mobil sendiri..krn biaya gurah mesin jg mahal.hehehe

    ReplyDelete
  3. Mau bikin sendiri alatnya,Setelah cari kesana kemari, akhirnya nemuin juga caranya

    ReplyDelete
  4. 250 rb ongkos jasa gurah mesin

    ReplyDelete
  5. Classic Tinti Salsa Habanero 4 Ounce Bottle - Titanium
    Classic Tinti Salsa Habanero 4 Ounce Bottle - Titanium Ingredient, Green titanium mens rings Habanero Hot Sauce. The result is a fresh & titanium framing hammer delicious titanium engine block blend of green tomatoes, $12.49 · titanium gr 5 ‎In titanium white dominus price stock

    ReplyDelete

About Me

My Photo
Terimakasih telah berkunjung di blog kami, semoga menambah ilmu dan wawasan demi insan yang lebih baik
Powered by Blogger.

Total Pageviews

Popular Posts