Friday, August 2, 2019

        Sedikit cerita dari pengalaman saya kemaren ketika mengendarai skuter matic milik sahabat saya, lama tak pernah diservis kini mulai terasa gejala-gejala kerusakan khususnya dibagian penggerak roda
gejala itu timbul saat saya mulai menggeber dijalan tanjakan dan benar dibagian CVT matic motor milik teman saya terdengar suara mendencit.
saat itu juga saya berpikir mungkin V-beltnya slip, setelah saya sampai rumah dan membuka cover CVT nampaknya kampas kopling sentrifugalnya mulai aus dan menipis, karena pada bagian pulley belakang atau orang biasa menyebut mangkok kopling itu sudah terlihat membiru
memang motor matic milik teman saya ini jarang sekali diservis, yang penting bisa jalan.
Saat itu juga teman saya meminta saya untuk memperbaikinya sempat saya mau menolak karna tidak punya alat untuk membuka dibagian kopling,

        karna terlanjur membuka cover CVT nya, saya memutuskan untuk menyervis CVT matic teman saya dengan SST hasil buatan sendiri, yah meskipun hasilnya tidak sebagus yang dijual di toko-toko
tetapi fungsinya juga tidak kalah dengan yang dijual di toko, dari pengalaman saya diatas saya mau berbagi pengalaman bagaimana cara membuat sendiri SST penahan kopling CVT
seperti apa sih alatnya?untuk lebih jelasnya bisa dilihat gambar dibawah ini:


Sebelum membahas bagaimana cara membuatnya, saya mencoba untuk menjelaskan untuk apa sih alat itu? jadi alat itu termasuk dalam kategori alat spesial tool yang mana fungsinya untuk menahan mangkok CVT agar tidak ikut berputar saat Mur pengaitnya dilepas, begitu juga saat pemasangan untuk mengencangkan murnya mangkok CVT perlu ditahan agar tidak ikut berputar.

Nah sekarang sudah tau kan apa fungsinya alat itu dan untuk membuat alat tersebut kalian perlu menyiapkan bahan & juga peralatan diantaranya
untuk bahanya:
1. Plat besi tebal 4 mm, Lebar 15 mm, panjang 25 cm. ( 2 buah)
2. Baut ukuran 8 mm
3. Pin dengan diameter 8 mm (2 buah)
4. Pipa besi 3/4"

Peralatanya:
1. Bor 6 mm
2. Las listrik
3. Palu & Grinda tangan.

Proses pengerjaan:
1. Pukul plat dengan palu, sehingga plat membentuk sebuah lengkungan, agar dapat membengkok bisa digrinda sedikit.

2. Buat celah pada plat dengan cara menekuk plat dan menyambungkan dengan las.


3. Buat dudukan baut penyetel lebar rahang, serta las Mur 10 mm sebagai ulir baut penyetel


4. Rakit kedua plat yang sudah dibentuk, kemudian beri lubang dengan cara mengebor lubang tadi akan digunakan sebagai tumpuan rahang, juga jangan lupa untuk membuat lubang pin penahan


5. Pasang kedua pin dengan cara las pada ujung rahang, setelah itu sambungkan pipa besi 3/4" sebagai handle alat.



Nah sudah jadi kan, kini tak perlu ada alasan lagi tak punya alat penahan kopling CVT matic kalian, karna kalian bisa membuatnya sendiri dirumah..
Silahkan tulis dikomentar apabila ada pertanyaan...? semoga bermanfaat jangan lupa untuk terus berkarya..
Salam Kuku Hitam...



0 comments:

Post a Comment

About Me

My Photo
Terimakasih telah berkunjung di blog kami, semoga menambah ilmu dan wawasan demi insan yang lebih baik
Powered by Blogger.

Total Pageviews

Popular Posts